Internet Addiction

Menurut Young (1996), seseorang bisa disebut kecanduan pada internet apabila individu tersebut menunjukkan perilaku-perilaku tertentu. Perilaku-perilaku tersebut dibuat berdasarkan pada kriteria-kriteria kecanduan berjudi (pathological gambling) yang dapat membedakan antara orang yang kecanduan pada internet dan yang tidak sampai kecanduan. Seorang pengguna internet sudah dapat digolongkan sebagai pecandu internet bila ia memenuhi sedikitnya lima dari delapan kriteria yang disebutkan oleh Young.
Young membagi kecanduan internet kedalam 5 kategori, yaitu :
a. Cybersexual addiction, yaitu seseorang yang melakukan penelusuran dalam situs-situs porno atau cybersex secara kompulsif
b. Cyber-relationship addiction, yaitu seseorang yang hanyut dalam pertemanan melalui dunia cyber
c. Net compulsion, yaitu seseorang yang terobsesi pada situs-situs perdagangan (cyber shopping atau day trading) atau perjudian (cybercasino)
d. Information overload, yaitu seseorang yang menelusuri situs-situs informasi secara kompulsif 
e. Computer addiction, yaitu seseorang yang terobsesi pada permainan-permainan online (online games).
Berdasarkan definisi yang dikatakan Young, dapat saya dimpulkan bahwa seseorang dikatakan
kecanduan internet apabila  sehari-harinya tidak bisa lepas dari
internet, hari-harinya lebih dominan dihabiskan untuk bermain
game online, berceloteh di media sosial, dan juga mengakses 
situs-situs pornografi.

Adapun beberapa dampak negatif dari kecanduan internet, yaitu :
  • Anti sosial
  • Gangguan bagi hubungan seseorang
  • Aktivitas otak dan tekanan darah meningkat karena terisolir dari internet
  • Gangguan fungsi mata dan rasa nyeri di punggung penderita karena syaraf di punggungnya terganggu yang disebabkan oleh radiasi monitor
      Cara mengatasi kecanduan internet, yaitu :
      
      Menurut saya, agar kita tidak kecanduan internet, sebaiknya mengurangi penggunaan internet
sedikit demi sedikit, diberlakukan waktu yang baik untuk menggunakan internet. Mungkin
dengan menggunakan internet sewaktu ada keperluan penting
saja, seperti mengerjakan tugas, dan sebagainya.

Contoh kasus:
  • Seseorang yang setiap harinya mengupdate status di media sosial.
  • Menghabiskan waktu didepan komputer hanya untuk bermain game dan memakan waktu yang 
    cukup lama, bahkan sampai berjam-jam hingga lupa untuk mengerjaan pekerjaan lainnya.
  • Sekitar 4 juta remaja di China kecanduan Game online yang tidak sehat sehingga mereka keasyikan menghabiskan waktunya di warnet game online daripada bermain di dunia nyata.


sumber :
http://fallenstarkawaii.blogspot.com/2010/05/apa-itu-internet-addiction.html
http://ziezaahh.blogspot.com/2012/10/internet-addiction.html

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#SIP Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)

#SIP Software Pengolah Database

#SIP Arsitektur Komputer & Struktur Kognisi Manusia